Dibandingkan haji, menjalankan ibadah umrah lebih fleksibel waktunya, bisa dilakukan kapan saja. Untuk haji, waktu pelaksanaannya terbatas, yaitu akhir bulan Syawal sampai awal bulan Dzulhijjah.

Perbedaan lainnya dari segi hukum, haji fardu ‘ain atau wajib bagi yang mampu. Sedangkan hukumnya menjalankan umrah sunnah. Salah waktu yang bisa dijadikan pilihan banyak orang untuk melaksanakan ibadah umrah yaitu saat bulan Ramadan.

Hal ini karena ketika menjalankannya di bulan Ramadan ada banyak keutamaan yang bisa dirasakan oleh umat muslim. Beberapa keutamaannya akan diuraikan pada ulasan berikut.

Inilah Beberapa Keutamaan Menjalankan Ibadah Umrah Saat Bulan Ramadan yang Bisa Dirasakan Umat Muslim

Menjalankan ibadah umrah memang memberikan keutamaan luar biasa bagi umat Islam. Tapi, memang diperlukan stamina lebih karena dilakukan sembari menjalankan puasa. Inilah beberapa keutamaan bisa Anda rasakan:

  1. Doa-doa yang Dipanjatkan Terkabul

Keutamaan pertama, doa-doa yang dipanjatkan terkabul. Tapi, penting untuk selalu diingat sebaiknya ibadah yang dilakukan hanya semata-mata karena Allah. Hindari munculnya rasa bangga karena berhasil berangkat umrah dengan biaya banyak.

Jadi, dalam hal ini niat memiliki peran sangat penting. Sebaiknya tata niat dengan sebaik mungkin sebelum memutuskan untuk melaksanakan ibadah umrah. Sebab, dari niat tersebutlah nantinya Anda bisa memperoleh apa yang sebenarnya diinginkan

  1. Memperoleh Pahala Melimpah

Keutamaan selanjutnya, memperoleh pahala melimpah. Sebab, melaksanakan amal kebajikan di bulan Ramadan saja sudah dilipatgandakan pahalanya. Minimal dilipatgandakan sejumlah sepuluh kali lipat oleh Allah.

Itu angka minimal, sedangkan maksimalnya tidak terbatas. Apalagi ditambah dengan menjalankan ibadah umrah. Melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah di Masjidil Haram saat umrah akan semakin dilipatgandakan pahalanya.

  1. Mendatangkan Rezeki

Ibadah sunnah satu ini akan mendatangkan rezeki karena merupakan penghapus kefakiran. Bila kefakiran dalam diri dihapus oleh Allah, rezeki dalam bentuk apapun akan datang dengan sendirinya.

Mulai dari materi, kebahagiaan, kesehatan, kesuksesan dan lain-lain. Seperti kita tahu bahwa rezeki dalam hidup itu bentuknya tidak selalu berupa materi saja, tapi juga lainnya.

  1. Dihitung Sebagai Amal Fi Sabilillah

Keutamaan terakhir yang bisa Anda rasakan bila melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadan yaitu dihitung sebagai amal fi sabilillah. Maksudnya, seluruh pengeluaran akan diganti oleh Allah dengan hal lebih baik.

Jadi, walaupun biaya menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadan tarifnya bisa lebih mahal dibandingkan bulan lain, harusnya Anda tidak perlu khawatir. Allah akan mengganti asalkan Anda ikhlas dalam mengeluarkan uang tersebut semata-mata untuk ibadah.

Berbagai Tips Menjalankan Umrah di Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan

Berbeda dengan hari biasanya, tentu melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadan jauh terasa berbeda. Sebelum berangkat, sebaiknya simak beberapa tips berikut supaya nantinya ketika sampai lokasi, ibadah berjalan dengan lancar:

  1. Untuk menghadapi situasi cuaca serta kondisi badan yang sedang menjalankan puasa, persiapkan dengan baik kesehatan jasmani maupun rohani. Sebab, ritme ibadah yang nantinya dilakukan akan berbeda dari pada hari biasanya.
  2. Sebaiknya pilih akomodasi dengan lokasi tidak terlalu jauh jaraknya dari Masjid Nabawi dan Majidil Haram. Hal ini dikarenakan pelaksanaan ibadah yang Anda lakukan nantinya akan banyak di masjid. Menjadi terasa lebih lelah ketika harus berjalan dengan jarak yang terlalu jauh. Bila Anda menjalankan ibadah umrah bersama agen travel, sebelum memutuskan menggunakannya, sebaiknya tanyakan mengenai hal ini.
  3. Sesampainya di Bandara Jeddah, sebaiknya Anda bersiap-siap untuk mengantre imigrasi yang cukup panjang. Karena panjang, waktu tunggunya menjadi lebih lama.
    Sebagai antisipasi bila nantinya waktu tunggu menjelang berbuka puasa, sebaiknya bawa sedikit makanan atau minuman. Biasanya, pihak petugas imigrasi akan beristirahat sementara waktu untuk melaksanakan salat Magrib dan berbuka puasa.
  4. Sesuaikan paket perjalanan yang dipilih dengan kondisi keuangan, baik itu di awal, pertengahan maupun akhir bulan Ramadan. Atau malah mungkin Anda menginginkan satu bulan penuh saat Ramadan. Sebagai tambahan informasi, perjalanan umrah di bulan Ramadan lebih mahal dibandingkan bulan lain, apalagi di akhir.
  5. Biasanya hotel atau penginapan akan memberikan tarif paket sepuluh hari dalam satu harga meskipun Anda tidak memakai seluruhnya. Hal ini berlaku untuk sepuluh hari terakhir berada di Mekkah.

Tidak heran bila bulan Ramadan malah semakin ramai jamah yang datang karena memang memiliki banyak keutamaan. Jadi, bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadan, persiapkan segala sesuatunya dengan baik supaya aktivitas di tempat berjalan lancar.