Hikmah haji dan umroh perlu dipahami dengan baik oleh umat Islam, dimana setiap umat bisa merasakan langsung dampaknya. Keduanya merupakan bentuk ibadah yang mampu mendatangkan pahala besar bagi pelakunya.

Dampak langsung yang dimaksud dari kegiatan beribadah tersebut adalah kesempatan yang diberikan untuk menjadi tamu Allah SWT. Salah satu hikmah paling besar dengan menjalani ibadah tersebut adalah meningkatkan ketaatan.

Umat Islam akan semakin taat dalam beribadah kepada Allah SWT setelah melaksanakan ibadah haji serta umroh. Selain itu, Anda perlu memahami hikmah lain yang bisa didapatkan dengan menjalani keduanya.

Hikmah Haji dan Umroh yang Bisa Didapatkan Oleh Seluruh Umat Islam

Selain meningkatkan ketaatan dalam beribadah, umat Islam akan merasakan hikmah lain yang sangat menakjubkan dengan beribadah haji serta umroh. Berikut ini beberapa hikmah yang bisa Anda dapatkan dengan melaksanakan keduanya.

  1. Mendapatkan Balasan Surga Allah SWT

Hadis riwayat Bukhari dan Muslim menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda mengenai balasan ibadah haji dan umroh. Beliau bersabda, “Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.”

Haji mabrur tersebut merupakan ibadah yang diterima oleh Allah SWT. Indikator keberhasilan pelaksanaan ibadah tersebut dapat dilihat dari terlaksananya semua syarat serta rukun haji atau umroh.

  1. Menghapus Dosa

Hikmah haji dan umroh berikutnya yaitu dapat menghapuskan seluruh dosa umat Islam. Pengampunan dari Allah SWT adalah hikmah terbesar yang bisa diterima oleh seluruh umat Islam ketika menjalani ibadah tersebut.

Rasulullah SAW juga bersabda bahwa “Umroh satu ke umroh lainnya merupakan penebus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain surga.” (HR Bukhari dan Muslim).

  1. Pahala Berlipat Ganda

Selain menghapus dosa, umat Islam juga berkesempatan mendapatkan pahala berlipat ganda. Baik amalan sunnah maupun wajib ketika dilaksanakan saat ibadah tersebut akan
diganjar oleh pahala berlipat.

Hikmah haji dan umroh ini juga ditekankan oleh Rasulullah SAW, dimana umat Islam yang telah melaksanakan ibadah dengan baik, maka dirinya pulang ke negara asal bagaikan bayi suci baru lahir.

Hadis tersebut berbunyi bahwa “Siapa yang berhaji ke Baitullah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya.” (HR Bukhari).

  1. Semakin Kuatnya Iman

Saat melaksanakan ibadah dengan baik, tentu iman seseorang akan semakin kuat. Hal tersebut juga berlaku saat haji atau umroh, dimana umat Islam akan semakin beriman kuat setelah pulang dari beribadah.

Hikmah haji dan umroh tersebut akan membuat seseorang semakin baik dalam beribadah dan bersosial di kehidupan sehari-hari. Umat Islam akan semakin semangat dalam beribadah setelah melaksanakan ibadah haji atau umroh.

  1. Kedisiplinan Semakin Meningkat

Ibadah di tanah suci harus dilakukan dengan mengikuti beberapa ketentuan tertentu. Umat Islam harus mengikuti serangkaian ibadah yang dilakukan pada waktu tertentu agar haji mereka sah dilakukan.

Oleh sebab itu, seluruh jemaah akan terbiasa disiplin dan mengikuti seluruh pelaksanaan ibadah dengan baik. Kedisiplinan tersebut diharapkan akan terus berlanjut meskipun pelaksanaan ibadah selesai dilakukan.

Bahkan tidak jarang kedisiplinan akan berpengaruh pada dalam kehidupan sehari-hari. Maka hikmah haji dan umroh kelima ini harus Anda perhatikan baik-baik, sehingga akan sukses memberikan dampak pada diri sendiri.

  1. Meningkatkan Kualitas Dalam Beribadah

Manusia tidak luput dari dosa, sehingga mereka yang merasa banyak melakukan dosa akan sering putus asa dalam beribadah. Namun, Allah SWT akan menghapus dosa-dosa tersebut jika melaksanakan ibadah secara ikhlas.

Pengampunan yang Allah SWT berikan ketika melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah akan memberikan semangat. Dengan begitu, Anda akan menyadari bahwa Allah SWT maha pengampun untuk hamba yang penuh dosa.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengutamakan keikhlasan dalam beribadah wajib seperti haji dan umroh. Melalui kesempatan tersebut, Anda bisa meminta pengampunan atas segala dosa-dosa yang telah diperbuat.

  1. Menguatkan Sifat Sabar

Hikmah haji dan umroh yang terakhir yaitu Anda bisa melatih kesabaran. Pelaksanaan ibadah tersebut bagi sebagian orang terasa berat mengingat kondisi tanah suci juga padat oleh manusia dari seluruh dunia.

Berebut fasilitas umum bahkan menjadi hal biasa ketika melaksanakan ibadah di tanah suci. Dari peristiwa tersebut Anda bisa banyak belajar sabar dan menunggu sehingga dapat menyelesaikan ibadah dengan baik.

Setelah memahami dengan baik hikmah yang bisa didapatkan dengan beribadah haji dan umroh, Anda bisa melaksanakannya dengan lebih baik. Tentu dengan harapan bahwa seluruh hikmah tersebut bisa Anda dapatkan.

Dengan begitu, maka Anda bisa melaksanakan kegiatan beribadah dengan lebih maksimal. Hikmah haji dan umroh akan membantu Anda lebih memahami makna ibadah yang sebenarnya harus dilakukan.