Setiap orang harus tahu bagaimana persiapan sebelum berangkat haji yang baik dan benar. Haji menjadi salah satu ibadah dalam wajib dilakukan bagi umat Islam. Jika Anda bisa melakukannya, maka lakukanlah ibadah haji agar dapat menjalani dan melengkapi rukun Islam yang keenam.

Biasanya ibadah Haji dilakukan di bulan-bulan tertentu sesuai waktunya, berbeda dengan Umrah. Untuk Umrah, Anda bisa menjalankannya kapan saja karena hal itu jadi bagian dari Ibadah. Haji memiliki periode atau kuota keberangkatan di bulan Syawal, Zulqaidah dan Zulhijjah.

Ketiganya dikenal sebagai bulan haji atau waktu yang disucikan untuk melaksanakan ibadah haji dalam ajaran umat Islam. Sebagai calon jamaah, Anda harus tahu persiapan sebelum berangkat haji. Tujuan persiapan tentu saja agar Anda siap menjalankan ibadah haji dengan khidmat.

Setelah mengetahui waktu keberangkatannya, Anda diberikan waktu untuk mempersiapkan diri. Jika tidak dipersiapkan dengan baik Anda bisa mendapat kesulitan saat di Mekah nantinya. Faktor penting yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan pribadi, fisik dan juga mental.

Beberapa Persiapan Sebelum Berangkat Haji

Ketika berangkat haji, Anda harus benar-benar siap agar ibadahnya berjalan lancar. Fisik, mental dan kebutuhan pribadi lainnya perlu dipersiapkan saat menunggu hari keberangkatan. Berikut ini penjelasan terkait ketiga persiapan yang harus diutamakan bagi para calon jemaah haji.

  1. Fisik

Tentu saja faktor pertama yang harus dipersiapkan adalah fisik Anda sebelum keberangkatan. Fisik jadi persiapan sebelum berangkat haji paling utama. Alasannya karena di Mekah, Anda akan bergerak secara terus menerus tanpa henti untuk berkunjung ke tempat suci.

Berjalan membutuhkan tenaga yang besar, sehingga fisik harus benar-benar dipersiapkan. Di tanah suci Mekah, Anda pasti melakukan Tawaf, Wukuf dan Sai saat beribadah. Ketiga hal itu sudah menguras tenaga, apalagi untuk aktivitas lainnya yang akan dilakukan di Mekah.

  1. Mental

Banyak orang menganggap mental tidak penting ketika beribadah haji. Padahal, mental juga mempengaruhi kondisi fisik dan kesehatan Anda nantinya. Jika mentalnya kurang baik, Anda tidak akan bisa menjalankan ibadah dengan khidmat karena adanya gangguan.

Oleh sebab itu Mental harus dipersiapkan dengan baik dari sebelum hari keberangkatan. Cara mempersiapkannya ialah dengan mempelajari ilmu-ilmu penting ibadah haji. Ada persiapan sebelum berangkat haji non material yang nantinya akan berguna bagi para jamaah.

  1. Kebutuhan Pribadi

Untuk persiapan terakhir, kebutuhan pribadi seperti obat-obatan dan dokumen itu penting. Obat-obatan nantinya diperlukan bagi jamaah yang memiliki riwayat penyakit. Tujuan utama tentu saja untuk menjaga diri di tanah suci Mekah dengan menjaga kesehatan.

Sedangkan dokumen diperlukan bagi jamaah haji yang ingin mengunjungi kawasan lainnya. Dokumen penting biasanya disarankan agen pemandu sehingga Anda hanya perlu mengikuti arahannya. Kebutuhan pribadi sangat penting bagi keberlangsungan jamaah haji.

Pentingnya Mempersiapkan Diri Sebelum Berangkat Haji

Fisik, mental dan kebutuhan pribadi wajib disiapkan ketika ingin bepergian jauh. Terutama untuk pergi ke Mekkah dan menjalankan ibadah haji di sana. Anda tidak boleh berangkat tanpa adanya persiapan, karena hal itu akan menyebabkan masalah ketika di tempat tujuan.

Persiapan sebelum berangkat haji lebih baik dilakukan saat jadwal keberangkatan ke tanah suci sudah diketahui. Biasanya berangkat Haji butuh kuota sebagai standar utama. Terdapat dua opsi yang diberikan pada calon jamaah yaitu melalui jalur swasta dan negara.

Jika menggunakan jalur swasta, Anda akan dibantu agen Travel Haji segala kebutuhannya. Namun jika menggunakan fasilitas negara atau Kemenag, Anda akan bergerak secara mandiri. Persiapan yang dilakukan tentu saja berbeda baik itu berangkat dari swasta atau Kemenag.

Persiapan sebelum berangkat haji dari swasta lebih diarahkan karena Anda diberikan pemandu. Segala jenis dokumen, peralatan dan perlengkapan pribadi akan dibantu oleh agensi. Di sisi lain, Kemenag hanya menawarkan paket perjalanan saja tanpa dibantu fasilitas tambahan.

Jadi mempersiapkan itu penting bagi para calon jamaah haji. Khususnya untuk lansia yang akan diberangkatkan menggunakan standar keberangkatan. Lansia butuh persiapan lebih banyak, dari fisik hingga kesehatan agar dapat mendapatkan kondisi yang optimal.

Kondisi lansia lebih diperhatikan karena ibadah haji butuh tenaga lebih banyak. Kesehatan juga harus optimal agar tidak mendapatkan masalah di tanah suci nantinya. Pentingnya persiapan sebelum berangkat haji harus diketahui oleh semua orang mulai dari sekarang.