Masa Tunggu Haji Plus – Syarat & Kelebihannya

Masa Tunggu Haji Plus – Syarat & Kelebihannya

Masa Tunggu Haji Plus – Menunaikan ibadah haji merupakan impian bagi setiap umat Muslim di seluruh dunia. Yang dari tingginya angka orang-orang yang hendak berangkat haji membuat waktu tunggunya pun semakin lama. Sehingga muncullah haji plus sebagai solusi yang memiliki rentang waktu keberangkatan lebih singkat serta fasilitas mumpuni yang lebih baik. Artikel ini akan mengulas secara mendalam tentang masa tunggu haji plus, apa saja faktor yang mempengaruhinya, dan bagaimana mempersiapkan diri selama masa tunggu tersebut.

A. Apa Itu Haji Plus?

masa tunggu haji plus

Haji Plus merupakan program haji menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan haji reguler, termasuk akomodasi yang lebih baik, jarak hotel yang lebih dekat ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, serta layanan tambahan lainnya.

B. Syarat Haji Plus

masa tunggu haji plus

Untuk bisa berangkat dengan paket haji plus, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon jemaah. Berikut ini adalah beberapa syarat utama yang harus diperhatikan:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI): Calon jemaah harus memiliki status sebagai WNI yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  2. Berusia Minimal 12 Tahun: Namun, usia minimal ini bisa berbeda-beda tergantung kebijakan dari masing-masing biro perjalanan.
  3. Membayar Setoran Awal: Biasanya tujuannya itu sebagai bentuk pengamanan kuota haji plus agar terkeep. Disini administrasi mulai diurusi, yang mana biaya awalnya tergantung ketentuan dari biro jasa terkait.
  4. Menyertakan Dokumen Pendukung: Dokumen yang perlu disertakan antara lain paspor yang masih berlaku minimal 8 bulan sebelum keberangkatan, akta kelahiran atau kartu keluarga, surat nikah (bagi yang sudah menikah), dan pasfoto dengan ketentuan khusus untuk visa haji.
  5. Mengikuti Manasik Haji: Calon jemaah diwajibkan untuk mengikuti manasik haji yang diselenggarakan oleh biro perjalanan. Agar calon jemaah haji bisa mengetahui gambaran umum untuk melaksanakan ibadah haji di Mekkah nanti.
  6. Sehat Jasmani maupun Rohani: Yang mana perlu bukti autentik dari dokter sebagai keterangan individu tersebut sehat dan layak untuk menjalankan ibadah haji.
  7. Memenuhi Persyaratan Tambahan dari Biro Perjalanan: Setiap biro perjalanan bisa memiliki persyaratan tambahan yang harus dipenuhi oleh calon jemaah. Oleh karena itu, penting untuk menanyakan dan memastikan semua persyaratan terpenuhi sebelum mendaftar.

Dengan memenuhi syarat-syarat tersebut, calon jemaah dapat lebih mudah dan lancar dalam proses pendaftaran dan keberangkatan haji plus.

C. Masa Tunggu Haji Plus

masa tunggu haji plus

 

Dengan durasi tunggu haji plus yang relatif lebih singkat. Yang mana jika haji reguler bisa memakan waktu hingga 20 tahun atau lebih, masa tunggu haji plus bisa berkisar antara 5 hingga 7 tahun, tergantung dari beberapa faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi masa tunggu ini antara lain:

  1. Kuota yang Ditetapkan Pemerintah: Setiap tahun, pemerintah menetapkan kuota haji untuk tiap negara. Yang mana pelaksaan haji plus anda akan dilaksanakan ditahun berikutnya apabila pada tahun tertentu kuotanya telah penuh.
  2. Jumlah Pendaftar: Semakin banyak calon jemaah yang mendaftar untuk haji plus, maka semakin panjang masa tunggunya. Oleh karena itu, disarankan untuk mendaftar secepat mungkin setelah memutuskan untuk memilih paket haji plus.
  3. Pengaturan dari Biro Perjalanan: Biro perjalanan yang memiliki pengalaman dan jaringan luas biasanya bisa mengatur keberangkatan lebih efisien, sehingga bisa mengurangi masa tunggu bagi calon jemaah.

D. Mengapa Memilih Haji Plus?

Selain masa tunggu yang lebih singkat, ada beberapa alasan mengapa banyak calon jemaah memilih haji plus:

  1. Fasilitas Lebih Baik: Haji plus menawarkan fasilitas yang lebih baik dibandingkan dengan haji reguler. Meliputi makanan yang bisa mengikuti kehendak dari jemaah haji serta fasilitas penginapan yang tidak jauh jaraknya dari tempat untuk beribadah.
  2. Pendampingan Lebih Intensif: Biro perjalanan haji plus biasanya menyediakan pendamping atau mutawwif yang berpengalaman, yang siap membantu jemaah dalam setiap tahap ibadah haji.

E. Tips Menghadapi Masa Tunggu Haji Plus

Meski masa tunggu haji plus relatif lebih singkat, tetap saja memerlukan persiapan yang matang. Berikut beberapa tips untuk menghadapi masa tunggu tersebut:

  1. Persiapkan Finansial dengan Baik: Biaya haji plus lebih tinggi dibandingkan dengan haji reguler, oleh karena itu penting untuk mempersiapkan dana yang cukup. Manfaatkan waktu selama masa tunggu untuk menabung dan mengelola keuangan dengan baik.
  2. Pelajari Ibadah Haji: Selama masa tunggu, manfaatkan waktu untuk mempelajari tata cara ibadah haji secara mendalam. Seperti mengikuti serangkaian kegiatan manasik haji dari komunitas maupun dari biro perjalanan yang anda pilih.
  3. Jaga Kesehatan: Dengan rutin berolahraga, mengatur pola makan hidup yang sehat agar kondisi anda fit dala menjalanan ibadah haji kelak.
  4. Perbanyak Ibadah: Selain mempersiapkan fisik, persiapkan juga mental dan spiritual. Perbanyak ibadah, seperti shalat, puasa sunnah, dan membaca Al-Qur’an, untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan.

F. Mengoptimalkan Masa Tunggu dengan Aktivitas Positif

Masa tunggu haji plus bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas positif yang bisa mendukung persiapan anda dalam menunaikan ibadah haji. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Mengikuti Kelas Keagamaan: Ikuti kelas atau pengajian yang membahas tentang haji dan umrah. Dengan begitu pemahaman anda akan semakin terbuka dan luas lagi mengenai serangkaian dalam menunaikan ibadah haji.
  2. Mempelajari Bahasa Arab: Kemampuan berbahasa Arab akan sangat membantu saat berada di tanah suci.
  3. Terlibat dalam Kegiatan Sosial: Ikut serta dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan bisa menjadi bentuk latihan mental dan spiritual. Ini juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama.

G. Memilih Biro Perjalanan yang Tepat

Memilih biro dalam perjalanan haji pun tidak kalah penting untuk anda perhatikan. Nah adapun tipsnya simak dibawah ini:

  1. Cek Reputasi Maupun Legalitas: Biro perjalanan haruslah sudah berizin resmi terutama dari kementerian keagamaan. Disamping ituĀ imageĀ alias reputasinya juga harus baik untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Anda bisa mencari informasi ini melalui situs resmi pemerintah atau melalui rekomendasi dari kerabat yang pernah berangkat haji plus.
  2. Layanan yang Ditawarkan: Periksa layanan yang ditawarkan oleh biro perjalanan, seperti akomodasi, transportasi, makanan, dan pendampingan selama di tanah suci yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan anda.
  3. Harga yang Wajar: Anda juga perlu mengontrol diri agar tidak tergesa-gesa memutuskan apabila mendapati harga paket haji plus yang murah, bahkan dibawah harga pasaran. Yang mana banyak kekhawatiran yang bisa timbul termasuk fasilitas dan bagaimana layanannya apakah baik dan bisa mengakomodir segala kebutuhan anda dalam pelaksanaan ibadah haji nanti atau malah sebaliknya.
  4. Testimoni dan Rekomendasi: Dengan mengecek testimoni dari pelanggan sebelumnya anda jadi bisa tau bagaimana kualitas dari biro perjalanan tersebut. Sehingga anda bisa meminimalisir hal yang tak diinginkan. Selain itu anda juga bisa meminta rekomendasi dari orang lain yang pernah melakukan haji plus. Nah dengan begitu akan lebih terasa kredibelitasnya lagi.

H. Pesan Paket Haji Plus di Mabruk Tour

Mabruk Tour hadir sebagai solusi terbaik bagi anda yang ingin menunaikan ibadah haji dengan lebih nyaman dan tanpa masa tunggu yang terlalu lama. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam mengelola perjalanan haji dan umrah, Mabruk Tour menawarkan paket haji plus dengan fasilitas premium dan pelayanan terbaik. Kami menyediakan akomodasi di hotel bintang lima yang dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, transportasi yang nyaman, serta pendampingan oleh mutawwif berpengalaman yang siap membantu anda selama di tanah suci. Tidak hanya itu, Mabruk Tour juga memberikan layanan manasik haji yang komprehensif untuk memastikan anda siap secara fisik dan mental. Yuk hubungi Mabruk Tour untuk infomasi lebih rinci mengenai haji plus termasuk pemesanan paketnya!.

Masa tunggu haji plus memang lebih singkat dibandingkan dengan haji reguler, namun tetap memerlukan persiapan yang matang baik dari segi finansial, fisik, maupun mental. Memanfaatkan masa tunggu dengan kegiatan positif dan mempelajari lebih dalam tentang ibadah haji akan sangat membantu dalam pelaksanaan ibadah di tanah suci. Dengan persiapan yang baik, insya Allah ibadah haji anda akan menjadi pengalaman spiritual yang luar biasa dan penuh berkah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *